Cetakan Silinder Beton Berbahan Besi Cor vs Plastik

Cetakan Silinder Beton Berbahan Besi Cor vs Plastik

Cetakan silinder beton adalah salah satu jenis alat yang digunakan dalam pengujian mutu beton. Berdasarkan SNI 4810:2013, cetakan uji baik untuk bagian inti dan pengencangnya harus dibuat dari baja atau besi cor. Meski begitu bisa juga menggunakan material lain yang kedap air dan tidak bocor ketika digunakan serta tidak reaktif dengan beton semen portland atau semen hidrolis lainnya. Berawal dari hal itu, tak heran jika kini mulai beredar cetakan silinder berbahan non besi cor, yaitu berbahan plastik. Lalu bagi Anda sebagai konsumen, harus pilih mana antara cetakan silinder beton berbahan besi cor atau plastik ini? Agar tidak bingung, berikut ini kami berikan perbandingan singkatnya

Berat jenis

Dari segi bobot tentu cetakan silinder beton berbahan plastik jelas lebih ringan dibandingkan cetakan berbahan besi cor. Untuk ukuran standar, cetakan berbahan besi cor memiliki berat jenis mencapai minimal 10 kg, sementara itu cetakan berbahan plastik hanya sekitar 1 sampai 2 kg saja. Bobot yang berat akan lebih menyulitkan dalam hal mobilitas karena membutuhkan lebih banyak tenaga yang diperlukan untuk memindahkannya. Namun bobot berat pada cetakan berbahan besi ini juga otomatis membuat kinerjanya lebih bandel sebagai salah satu alat penting dalam pekerjaan pengecoran beton. 

Ketahanan

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa material besi dikenal memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat tinggi. Inilah yang menjadi kelebihan cetakan silinder berbahan besi cor dibanding cetakan berbahan plastik. Dengan cetakan silinder beton besi cor proses pencetakan beton menjadi lebih presisi karena rangka cetakan sangat kuat, dan tidak lengket. Jika pun menggunakan bahan plastik sebagai bahan baku cetakan uji beton, maka pengguna harus pintar-pintar memilih kualitas plastik yang bagus untuk bisa mendapatkan cetakan yang tidak akan pecah dan awet. 

Harga

Dengan karakteristik sifat yang berbeda, ternyata antara cetakan silinder beton berbahan besi cor maupun plastik memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda. Jadi, jika melihat untuk penggunaan jangka panjang, tentu memilih cetakan berbahan besi cor akan lebih efektif dan efisien karena lebih awet, dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Itulah sedikit perbandingan antara cetakan silinder beton berbahan besi cor vs plastik. Bagaimana mau pilih yang mana?

Bila Anda memilih menggunakan cetakan silinder beton besi cor, maka kami – Futaketestbeton.com menawarkannya dengan jaminan kualitas dan harga terbaik. Futaketestbeton.com merupakan perusahaan pengecoran logam spesialisasi pembuatan produk-produk cetakan uji beton yang berpengalaman dan profesional. Kami memiliki tim yang kompeten dalam bidangnya, teknologi casting termutakhir, standar Quality Control (QC), serta sistem pengiriman yang aman dan bergaransi ke seluruh Indonesia. Untuk info detailnya silahkan hubungi kami sekarang juga! Dengan senang hati kami akan melayani dan memberikan Informasi yang Anda butuhkan.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *